HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

200 Satwa Medan Zoo Terancam Kelaparan di Tengah Pandemi Corona




sekilasdunia.com, Medan - Di Tengah Pandemi  virus corona  sejak 23 Maret 2020 Medan Zoo atau Kebun Binatang Medan di Simalingkar, Deli Serdang ditutup dan praktis tidak ada pemasukan.

Sedangkan  kebutuhan untuk makanan lebih dari 200-an koleksi satwa dan operasional tidak sedikit. Koin donasi yang terkumpul masih sejutaan.

"Ada 270 ekor satwa yang menempati Medan Zoo. Baik dari unggas, mamalia, reptil dan lainnya. Di antara satwa-satwa itu ada 16 ekor harimau yang mempertaruhkan hidup di tengah pandemik. Untuk seekor harimau, wajib makan 3 kg daging setiap harinya. Ini belum termasuk pekerja yang merawat hewan," katanya.

Dijelaskannya, penutupan Medan Zoo untuk menghindari penyebaran Covid-19.  Penutupan itu berdampak pada tidak adanya pemasukan di Lembaga Konservasi (LK) yang mengoleksi lebih dari 200-an satwa itu.

"Sejak ditutup, Medan Zoo tidak mendapatkan pemasukan lagi. Jauh hari sebelum ada wabah Covid-19, pemasukan dari masyarakat yang datang dan event di dalam kawasan Medan Zoo," ujar Direktur Utama PD Pembangunan Medan, Putrama Al Khairi melalui siaran persnya, Senin (27/4/2020).

Menurutnya, biaya yang dibutuhkan untuk memberikan makan seluruh satwa di Medan Zoo itu, sedikitnya Rp 90 juta setiap bulannya. Oleh karena itu, pengelola kebun binatang mengharapkan perhatian dari Pemerintah Kota (Pemkot) Medan supaya turut berpartisipasi, khususnya melakukan penyelamatan terhadap satwa penghuni Medan Zoo.

Untuk sementara ini, sambung Putrama, belum ada hewan yang kelaparan, sebab pengelola Medan Zoo mereka cari utang sana sini untuk makanan hewan. Sejak akhir April, Medan Zoo menghimpun dana melalui koin untuk makanan hewan.

“Alhamdulillah kami mendapatkan bantuan 200 ekor ayam dari Kebun Binatang Gembira Loka. Medan Zoo membuka donasi resmi untuk menolong satwa yang terancam kelaparan. Donasi bisa diserahkan atau dijemput langsung oleh manajemen Medan Zoo," sebutnya.

Menurutnya, donatur bisa menghubungi nomor kontak 085761257061 dan 085296386525 (Aini dan drh Sucitrawan) atau bisa diantarkan langsung ke kantor PD Pembangunan Medan, Jalan Sutomo no 2-4, Kota Medan.  (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *