HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

RI Jadi Negara Menengah Atas Saat Pandemi




sekilasdunia.com, Jakarta – Bank Dunia hari Rabu (1/7) menaikkan peringkat Indonesia dari negara berpendapatan menengah atau “middle income country” menjadi negara berpendapatan menengah ke atas atau “upper middle income country.”

Kementerian Keuangan dalam pernyataan pers menyatakan, “Kenaikan status Indonesia tersebut merupakan bukti atas ketahanan ekonomi dan kesinambungan pertumbuhan yang selalu terjaga dalam beberapa tahun terakhir.”

Ditambahkan, “Ini merupakan buah kerja keras masyarakat dan pemerintah dalam upaya untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkualitas dan berkelanjutan.”

Pemerintahan Joko Widodo telah mendorong serangkaian kebijakan reformasi struktural dan manusia, untuk meningkatkan ekspor, mengurangi defisit transaksi berjalan dan memanfaatkan ekonomi digital guna mendorong pemberdayaan ekonomi yang luas dan merata.

Bank Dunia memang membagi negara-negara di dunia menjadi empat kategori berdasarkan pendapatan per kapitanya.

Pertama, negara berpendapatan rendah (low income) dengan pendapatan per kapita di bawah US$ 995 AS per tahun, atau setara Rp 13,93 juta.

Kedua, negara berpendapatan menengah ke bawah (lower-middle) di kisaran US$ 996-3.895 AS per tahun, atau Rp 14-55 juta.

Ketiga, negara berpendapatan menengah ke atas (upper-middle income) US$ 3.896-12.055 AS, atau Rp 55-169 juta.

Keempat, negara pendapatan tinggi (high income) alias negara maju dengan pendapatan per kapita di atas US$ 12.056 AS per tahun.

Di masa dunia sedang berada di situasi pandemi Covid-19 ini, hampir semua negara merasakan dampaknya. Salah satu yang paling terkena dampak adalah Indonesia. Apalagi, jumlah kasus Covid-19 kian tinggi setiap harinya. Saat ini, ada 57.770 kasus.
 (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *