HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Fenomena Langka Dalam 800 Tahun, Konjungsi Jupiter dan Saturnus

 



sekilasdunia.com  –  Jupiter dan Saturnus akan mengalami "pendekatan" satu sama lain, dalam pandangan langit Bumi antara 16-25 Desember mendatang. Peristiwa konjungsi langka ini pertama kalinya terlihat dalam 800 tahun. .

Kejadian langka ini akan terjadi setelah matahari terbenam pada tanggal 21 Desember 2020, awal titik balik matahari musim dingin, sebagaimana dilaporkan Fox News, Senin, 23 November 2020.

 “Posisi sejajar antara dua planet ini agak jarang, terjadi sekali setiap 20 tahun atau lebih, tetapi hubungan ini sangat jarang terjadi karena seberapa dekat planet akan tampak satu sama lain,” kata astronom Universitas Rice, Patrick Hartigan dalam sebuah pernyataan.

Menurut Hartigan, konjungsi ini terjadi terakhir kali pada 4 Maret 1226. Untuk mendapatkan pengamatan terbaik, pengamat harus berada di dekat khatulistiwa. Jika langit cerah, maka kesejajarannya masih dapat terlihat dari mana saja di Bumi.

"Anda harus pergi jauh sebelum fajar pada tanggal 4 Maret 1226, untuk melihat kesejajaran yang lebih dekat antara objek-objek ini yang terlihat di langit malam."

Peristiwa angkasa ini dapat diamati di mana saja di bumi, tetapi Hartigan mencatat semakin jauh ke utara seseorang, semakin sedikit waktu yang mereka miliki untuk melihatnya.

Pengamat bintang harus mencoba untuk melihat peristiwa bulan depan ini atau risiko menunggu lama untuk kejadian berikutnya. Kedua planet tidak akan sedekat ini lagi sampai 15 Maret 2080, dan beberapa saat setelah tahun 2400, jelas Hartigan. (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *