HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Wapres Amrullah Saleh Umumkan Dirinya Menjadi Presiden Afghanistan Sementara

sekilasdunia.com – Wakil Presiden Pertama Afghanistan Amrullah Saleh mengumumkan bahwa dirinya adalah presiden sementara yang sah pada Selasa (17/8/2021). 

Pengumuman tersebut disampaikan Saleh setelah Presiden Afghanistan Ashraf Ghani melarikan diri dari negara itu ketika Taliban merebut Kabul pada Minggu (15/8/2021). 

Dalam cuitannya di Twitter, Selasa (17/8/2021), Amrullah Saleh mengatakan, secara aturan kenegaraan, maka dirinyalah yang duduk sebagai pemimpin tertinggi yang sah apabila presiden tidak ada.

"Menurut aturan jelas Konstitusi Republik Islam Afghanistan, dalam hal presiden tidak hadir, melarikan diri atau meninggal, wakil presiden pertama akan menjadi penjabat Presiden. Saya berada di dalam negeri dan saya secara hukum dan sah bertanggung jawab atas posisi ini. Saya berkonsultasi dengan semua pemimpin negara untuk memperkuat posisi ini " ujar Saleh dalam cuitannya.

Selain itu, Dalam serangkaian twit yang dia unggah, Amrullah Saleh juga mengatakan bahwa adalah sebuah kesia-siaan untuk mendebat keputusan Presiden AS Joe Biden. Pasalnya, Biden terus berkukuh dan mempertahankan keputusannya ihwal menarik pasukan AS dari Afghanistan. Dia meminta rakyat Afghanistan untuk menunjukkan bahwa Afghanistan bukanlah Vietnam.

 (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *