HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

KOI Sesalkan Ancaman Sanksi Badan Anti Doping Dunia (WADA) Kepada Indonesia

 


sekilasdunia.com - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) menyesalkan ancaman sanksi Badan Antidoping Dunia (WADA) yang bisa merugikan Indonesia di ajang internasional.

Melalui situs resmi, WADA menyatakan Lembaga Antidoping Indonesia (LADI) bersama empat organisasi antidoping (ADO) lain tidak patuh terhadap kode antidoping dunia.

Laman resmi WADA, menyatakan lima Organisasi Anti-Doping (ADO) tidak patuh terhadap Kode Anti Doping Dunia, yaitu Badan Anti-Doping Korea Utara, Badan Anti-Doping Thailand, Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI), serta dua federasi Internasional yakni Federasi Bola Basket Tuna Rungu Internasional (DIBF) dan Federasi Olahraga Gira Internasional (IGSF).


Akibat pelanggaran itu Indonesia berpotensi kehilangan sejumlah hak di olahraga internasional hingga status LADI dipulihkan kembali.

Selain bisa disanksi dilarang menjadi tuan rumah regional, kontinental, hingga kejuaraan dunia atau ajang utama lain, Indonesia juga terancam tidak bisa tampil dengan bendera Merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di multievent Internasional.

“NOC Indonesia menyesalkan kejadian ini. Meski ini bukan ranah kerja NOC, kami turut prihatin karena dampak yang ditimbulkan memengaruhi peran Indonesia dalam olahraga Internasional. NOC akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk membicarakan masalah ini,” kata Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dalam siaran persnya, Jumat (8/10/2021).

Sementara itu, Okto menyebut yang terpenting saat ini mencari solusi agar Indonesia terbebas dari sanksi WADA, apalagi dalam waktu dekat federasi olahraga nasional akan mengadakan kejuaraan internasional di Indonesia hingga akhir tahun ini.

Di antara event internasional yang akan digelar adalah turnamen bulutangkis Indonesia Masters (16-21 November), Indonesia Open (23-28 November), dan BWF World Tour Finals 2021 (1-5 Desember).

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *