HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Menkue Sri Mulyani: Korupsi Merupakan Penyakit yang Luar Biasa Berbahaya!

sekilasdunia.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan penyakit paling berbahaya bagi perekonomian Indonesia dan akan berdampak pada kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, termasuk bagi institusu yang menaunginya. 

“Korupsi merupakan suatu penyakit yang luar biasa berbahaya. Korupsi akan menurunkan kinerja ekonomi dan tentu akan menurunkan kinerja dari sistem demokrasi atau representasi. Ini adalah suatu penyakit yang ada dan bisa menghinggapi serta menggerus fondasi suatu masyarakat dan negara,” ujar Sri Mulyani dalam acara Puncak Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) dalam YouTube Kemenkeu RI, Rabu (8/12/2021).

Sri Mulyani menambahkan, terdapat tiga kunci utama dalam mencegah korupsi, yakni sistem, budaya, dan juga etika. Menurutnya, tiga hal utama tersebut saling mempengaruhi dalam upaya pencegahan korupsi.

Selain itu, pentingnya juga menumbuhkan budaya anti korupsi dalam setiap individu. Lalu, untuk etika, harus ada sikap yang mengarahkan setiap pribadi kepada kepantasan dan pemahaman, bahwa ketika membuat keputusan tidak boleh menimbulkan konflik kepentingan.

“Jadi etika adalah lebih dari legalistik, ini juga adalah nilai yang melekat di dalam DNA kita dan itu juga menunjukkan seberapa peka kita terhadap persepsi masyarakat terhadap kewenangan atas jabatan yang kita emban,” ujar Sri Mulyani.

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *