HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Pidato di UI Menlu AS Sindir Sikap Cina Yang Suka Intimidasi Negara Lain

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken. Foto/Tangkapan layar YouTube US Department of State

sekilasdunia.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, menyindir sikap China yang diduga suka mengintimidasi negara lain saat berpidato di Universitas Indonesia pada Selasa (14/12/2021) pagi.

Menurut Antony Blinken, tindakan agresif China tersebut di Indo-Pasifik terutama Asia Tenggara kerap membuat negara di kawasan khawatir.

"Itulah mengapa ada begitu banyak kekhawatiran dari Asia Timur Laut hingga Asia Tenggara dan dari Sungai Mekong hingga Kepulauan Pasifik tentang tindakan agresif Beijing," kata Blinken dalam pidatonya merujuk pada sikap China.

"Agresivitas Beijing yang kerap mengklaim perairan terbuka sebagai miliknya, menerapkan subsidi demi mengamankan persaingan di pasar terbuka, mencabut kesepakatan dengan negara lain yang tak sepaham, hingga mendukung aktivitas penangkapan ilegal," paparnya menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken juga menegaskan tekad Washington untuk selalu memastikan klaim China di Laut China Selatan tidak berlaku dengan menjaga prinsip kebebasan bernavigasi di perairan penuh sengketa itu.

“Klaim Beijing di Laut China Selatan mengancam pergerakan perdagangan senilai lebih dari US$3 triliun setiap tahunnya,” kata Blinken.

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *