HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Resmi ! BPOM Berikan Persetujuan Perpanjangan Kedaluwarsa Sejumlah Vaksin Covid-19

 

sekilasdunia.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi memberikan persetujuan mengenai masa kedaluwarsa sejumlah vaksin virus corona (Covid-19) yang telah beredar maupun yang tengah proses produksi di Indonesia.

“BPOM memberikan persetujuan perpanjangan batas kedaluwarsa untuk vaksin Covid-19 dari 6 bulan menjadi sebagai berikut, batas kedaluwarsa ini dapat diperpanjang jika tersedia data baru yang dapat membuktikan bahwa mutu dan keamanan vaksin masih memenuhi syarat pada saat mendekati kedaluwarsa, sepanjang vaksin disimpan sesuai dengan kondisi yang ditetapkan,” tulis BPOM dikutip dari situs resmi, Senin (14/3/2022).

Batas kedaluwarsa memberikan indikasi batas akhir jaminan mutu penggunaan vaksin jika disimpan sesuai dengan kondisi uji stabilitas. BPOM mengaku telah meminta kepada seluruh produsen vaksin untuk melengkapi data stabilitas terbaru atau jangka panjang.

Rinciannya, untuk vaksin Covid-19 produksi Bio Farma diberikan masa kedaluwarsa baru selama 12 bulan. Selanjutnya, vaksin Sinopharm kemasan 1 dosis prefilled syringe, diberikan batas kedaluwarsa 12 bulan.

Vaksin Zifivax dengan batas kedaluwarsa 12 bulan, vaksin Sinopharm kemasan 2 dosis atau vial dengan batas kedaluwarsa 9 bulan, vaksin AstraZeneca batch tertentu yang diproduksi oleh Catalent Anagni S.R.L., Italia dengan batas kedaluwarsa 9 bulan.


(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *