HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Kembali Erupsi, Gunung Anak Krakatau Naik Status Level III, Abu Vulkanik 3.000 M

 

sekilasdunia.com – Beberapa kali mengalami erupsi sejak awal tahun 2022, Gunung Api Anak Krakatau kini naik menjadi Level III atau status Siaga.

Untuk diketahui, status gunung api dibagi menjadi 4, yakni level I berstatus normal, level II berstatus waspada, level III berstatus siaga, dan level IV berstatus Awas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari website resmi Badan Geologi di magma.esdm.go.id, kenaikan status siaga ini sejak erupsi pada Minggu (24/4/2022) malam.

Letusan terakhir terjadi pada Minggu (24/4/2022) pukul 20.20 WIB, tinggi kolom abu tercatat 3.000 meter di atas puncak. Erupsi 2 hari belakangan ini memunculkan kilauan lava yang terekam jelas dalam CCTV milik Badan Geologi.

Abu vulkanik teramati berwarna putih hingga kelabu dan berintensitas tebal ke arah tenggara dan selatan. Seismograf merekam dengan amplitudo maksimum mencapai 5 mm dan durasi 0 detik.

Jika sebelumnya masyarakat atau wisatawan diimbau untuk tidak mendekati kawah dengan jarak 2 kilometer, kini Badan Geologi memberi peringatan untuk berjarak 5 km dari kawah gunung api.


(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *