HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Presiden RI Joko Widodo Resmi Buka KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo

sekilasdunia.com - Presiden RI Joko Widodo resmi membuka KTT ke-42 ASEAN pada Rabu (10/5/2023) di Labuan Bajo. Sebanyak 8 kepala negara dan pemerintahan ASEAN hadir pada pertemuan tersebut.

"Mari jadikan ASEAN epicentrum of growth, dengan ini saya nyatakan KTT ASEAN ke-42 dibuka," kata Jokowi  dikutip dari YouTube resmi Sekretariat Presiden, Rabu (10/5/2023).

Para pemimpin ASEAN yang hadir dalam pertemuan adalah Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen, PM Laos Sonexay Siphandone, PM Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden Filipina Ferdinand Marcos, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, PM Singapura Lee Hsien Loong, Wakil PM Thailand Don Pramudwinai, serta PM Vietnam Pham Minh Chinh. Hadir juga Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak.

Usai menyampaikan pidato pembukaan, Jokowi mempersilakan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak menyampaikan pidato. Ini adalah kali pertama Timor Leste ikut serta pada KTT ASEAN.

Untuk diketahui, keputusan Timor Leste menjadi anggota ASEAN disepakati pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Phnom Penh, Kamboja, Jumat (11/11/2022). Dalam pernyataan itu, anggota ASEAN sepakat untuk memberikan status pengamat (observer) kepada Timor Leste. Timor Leste akan mendapat hak untuk menghadiri semua pertemuan ASEAN dan sesi KTT.

KTT ASEAN pada 2023 ini rencana digelar dua hari yaitu pada Rabu (10/5/2023) sampai Kamis (11/5/2023) di Labuan Bajo, NTT. Hampir seluruh kepala negara/pemerintahan ASEAN hadir pada KTT ini, hanya Myanmar yang absen.

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *