HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Presiden RI Joko Widodo Tekankan Pentingannya Peran Parlemen dalam Agenda ASEAN 2045


sekilasdunia.com - Presiden RI Joko Widodo membuka sesi Pertemuan para Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Majelis Antar-Parlemen ASEAN (AIPA), Rabu (10/05/2023) pagi. 

Pertemuan Tatap Muka Pemimpin ASEAN-AIPA dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Hotel Meruorah Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam sambutannya Presiden menekankan pentingnya peran parlemen dalam penyusunan agenda ASEAN tahun 2045.

“Dalam jangka panjang, peran parlemen juga sangat dibutuhkan untuk menyusun agenda ASEAN tahun 2045,” ujar Presiden Jokowi dikutip dari laman setkab.go.id, Rabu (10/5/2023).

Para pemimpin ASEAN-AIPA, menurut Presiden, harus dapat memastikan ASEAN lebih tanggap dan tangguh dalam menghadapi tantangan yang ada sehingga menjadi pusat pertumbuhan dan menjadi kawasan yang aman, stabil, dan demokratis.

“Kita harus memastikan ASEAN mampu lebih tanggap dan resilient menghadapi tantangan, sehingga menjadi pusat pertumbuhan dan menjadi kawasan yang aman, stabil, dan demokratis,” ujarnya.

Kepala Negara juga menekankan pentingnya penguatan kolaborasi antara pemerintah dan parlemen demi terwujudnya ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.

“Kolaborasi pemerintah dan parlemen harus diperkuat untuk menjaga dan memperkokoh stabilitas politik dan demokrasi, guna menjamin ASEAN menjadi epicentrum of growth,”  tandasnya.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengapresiasi dukungan parlemen ASEAN dalam masa penanganan pandemi COVID-19.

“Terima kasih atas dukungan parlemen di ASEAN, sehingga kebijakan di masa darurat pandemi dapat dilakukan dengan cepat dan ASEAN dapat melewati masa kritis,” ujarnya.

Perlu diketahui dalam rangkaian pertemuan hari pertama puncak KTT ke-42 ASEAN 2023, Presiden akan memimpin lima pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Pertemuan yang dipimpin oleh Presiden diantaranya adalah KTT ke-42 ASEAN (Opening and Plenary Session), Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), dan Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV). 

Lima rangkaian pertemuan KTT ASEAN itu, akan ditutup secara langsung oleh Presiden pada waktu malam hari. Bertepatan dengan kegiatan welcoming dinner di Ayana Komodo Waecicu Beach. 

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *