HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Mulai September 2023, Presiden RI Joko Widodo Bagi-bagi Beras 10 Kg

 


sekilasdunia.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal membagikan beras masing-masing sebanyak 10 kilogram (kg) kepada 21,3 juta rakyat miskin yang tergabung dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mulai September 2023.

Hal ini bertujuan untuk mengendalikan harga beras yang tengah naik. Jokowi mengakui ada kenaikan harga beras sekitar 5-6 persen pada bulan ini.

"Mulai awal September akan didistribusikan bantuan pangan beras. Satu keluarga menerima manfaat dapatkan 10 kg beras," ujar Jokowi dalam pembukaan Rakornas Pengendalian Inflasi 2023 di Istana Negara, Kamis (31/8/2023).

Menurutnya, pembagian beras gratis ini bagian dari operasi pasar untuk menjaga inflasi. Sebab, beras adalah komoditas utama pendorong inflasi di Indonesia. Selain September, beras akan dibagikan pada Oktober, dan November.

Meski bantuan beras gratis sudah diberikan, Jokowi tetap meminta para menteri dan kepala daerah yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi (TPI) baik di pusat dan daerah untuk rajin memantau harga beras di lapangan.

Jika ada kenaikan harga, maka Jokowi minta Perum Bulog segera menggelontorkan stok yang saat ini ada sebanyak 1,6 juta ton di gudangnya. Tak hanya itu, ia juga meminta kepala daerah untuk menggelontorkan anggaran guna mengendalikan harga beras.

Seperti diketahui, tahun 2023 ini Jokowi meluncurkan program bantuan pangan berupa beras 10 kg kepada 21,353 juta KPM. Periode pertama penyaluran KPM sudah dilakukan pada bulan Maret-Mei 2023.

 (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *