Pemko Medan Bangun Kolam Retensi Atasi Banjir Di Medan Selayang

 


sekilasdunia.com - Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kota Medan melakukan pembangunan kolam retensi di Kecamatan Medan Selayang pada Jumat (6/10/2023).

Kolam retensi yang terletak di Jalan Abdul Hakim, Kelurahan Padang Bulang Selayang I, Kecamatan Medan Selayang tersebut akan dibangun di lahan seluas kurang lebih 4 hektar.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, kolam retensi selayang ini berguna sebagai tempat penampungan sementara air dari luapan Sei Selayang. Sebab apabila hujan turun, debit air di Sei Selayang melebih daya tampung dari sungai tersebut.

"Debit air di Sei Selayang sudah meningkat hampir 100% lebih dari daya tampungnya. Makanya sering banjir di jalan dan permukiman warga. Jadi dengan adanya kolam retensi ini dapat mengurangi jumlah debit air di Sei Selayang hingga enam meter kubik per detik," kata Bobby.

Meski dapat mengurangi jumlah debit air, kata Bobby jumlah tersebut masih belum maksimal. Sehingga perlu adanya penambahan kolam retensi yang rencananya akan dibangun di Sempakata.

"Perencanaan sudah kita mulai. Mudah-mudahan setelah di sini selesai kita dapat memulai pembangunan yang di sana, karena kita menargetkan jumlah debit air dapat berkurang hingga 14 meter kubik per detik," jelas Bobby.

Sebelumnya Kepala Dinas SDABMBK Kota Medan, Topan Obaja Putra Ginting, menyampaikan keberadaan kolam retensi selayang ini penting untuk mereduksi banjir akibat luapan dari Sei Selayang.

Topan juga mengatakan rencana pengerjaan kolam retensi selayang nantinya akan memiliki dua kolam. Kolam pertama luasnya mencapai 8.910 meter dengan tinggi kolam lima meter, sedangkan kolam kedua luasnya mencapai 21.700 meter dengan tinggi kolam 3 meter.

Sebagai informasi, dalam acara pemancangan tiang pembangunan kolam retensi ini, turut hadir unsur Forkopimda Kota Medan. Di antaranya Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, Kajari Medan, Wahyu Sabrudin, Dandim 0201/Medan, Kol. Inf Ferry Muzawwad, dan Kepala BWSS II, M. Firman. Turut hadir juga pimpinan Perangkat Daerah dan Camat se-Kota Medan. 


(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *