HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Resmi ! Presiden RI Joko Widodo Lantik Jenderal Maruli Simanjuntak Sebagai KSAD

sekilasdunia.com - Presiden RI Joko Widodo resmi melantik Jenderal Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). Maruli menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang telah dilantik menjadi Panglima TNI.

Pelantikan Jenderal Maruli Simanjuntak menjadi KSAD berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103/TNI/Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Usai diambil sumpah jabatannya, Maruli kembali menegaskan netralitas TNI, khususnya Angkatan Darat, dalam menghadapi pemilu umum (pemilu) presiden pada 2024 mendatang. Netralitas personil TNI dalam pemilu, katanya, juga merupakan arahan khusus dari Presiden Joko Widodo.

“Presiden juga menekankan bahwa angkatan darat (AD) sebetulnya berdasarkan survei sudah baik. Kalau bisa ditingkatkan ya lebih baik, dan juga mengenai netralitas yang beliau sangat tekankan. Saya pikir juga saya pribadi tidak akan menggamblingkan nama institusi AD yang sudah baik untuk hal-hal yang seperti itu. Saya tidak mau, nanti ini akan menjadi sejarah yang panjang bahwa kami di TNI, AD khususnya, tidak netral dalam pemilu,” ungkap Maruli.

Mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ini juga menyoroti program kerja di TNI AD khususnya mengenai penyelesaian konflik di wilayah Papua. Menurutnya, penyelesaian konflik di bumi cendrawasih tersebut harus melibatkan seluruh pemangku kepentingan, tidak hanya TNI AD atau TNI pada umumnya.

Maruli lebih lanjut mengatakan, wacana pembentukan komando daerah militer (kodam) di setiap provinsi masih dikaji. Menurutnya, banyak pertimbangan yang harus dilakukan sebelum hal tersebut diputuskan.

Setelah kurang lebih dua bulan menjalani pengobatan di Singapura karena sakit, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga merupakan mertua dari Letjen Maruli Simanjuntak hadir di Istana Negara. Rasa haru pun tidak mampu dibendung Luhut ketika mengucapkan selamat kepada menantunya itu usai dilantik.

Luhut pun sempat menyampaikan rasa hormat kepada Presiden Jokowi sambil berurai air mata. Jokowi pun tampak menenangkan Luhut.

Maruli mengatakan, Luhut memang khusus terbang ke Jakarta untuk menghadiri pelantikannya di sela-sela proses pemulihan kesehatannya di Singapura. Rasa haru tersebut, salah satunya, kata Maruli, disebabkan cita-cita Luhut semasa aktif di TNI dulu yang ingin menjadi KSAD.



(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *