HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Lawrence Wong Akan Menjadi PM Singapura Yang Baru Gantikan Lee Hsien Loong

sekilasdunia.com - Wakil Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong akan menggantikan Lee Hsien Loong sebagai perdana menteri Negeri Singa pada 15 Mei mendatang. Diumumkan langsung Kantor Perdana Menteri Singapura, pelantikan Wong akan dilangsungkan pada 15 Mei pukul 20.00 malam waktu setempat. 

Wong akan menjadi perdana menteri keempat Singapura, yang menggantikan Lee yang sudah niat mengundurkan diri sejak dua tahun lalu namun terkendala pandemi Covid-19.

Perlu diketahui, Lawrence Wong merupakan Wakil PM Singapura berusia 51 tahun yang tak memiliki silsilah politik seperti Lee. Lawrence Wong baru terjun ke dunia politik pada 2011, beberapa waktu sebelum ulang tahunnya yang ke-40.

Saat pandemi Covid-19 merebak, Wong merupakan sosok di balik penanganan tanggap Singapura. Responsnya yang gesit membuat Negeri Singa menjadi salah satu negara yang mencatat tingkat kematian terendah di dunia selama pandemi. Wong mendapatkan gelar sarjana di Amerika Serikat melalui beasiswa pemerintah dan memulai kariernya sebagai pegawai negeri sipil pada 1997.

"Lawrence dan tim 4G telah bekerja keras untuk mendapatkan kepercayaan publik, terutama selama pandemi (Covid-19)," kata Lee dalam unggahan Facebook-nya.

Seiring waktu, Wong berhasil mengepalai Otoritas Pasar Energi Singapura dan menjabat sebagai sekretaris pribadi Lee Hsien Loong.

Pada 2011, ia terpilih sebagai anggota parlemen untuk pertama kalinya dan diberi jabatan politik pertamanya, yakni menteri pendidikan dan pertahanan, dua pekan kemudian.

Bertahun-tahun Wong terus naik pangkat lewat sejumlah posisi menteri. Capaian itu terlihat jelas pada 2020 setelah dia menjadi salah satu ketua gugus tugas multi-kementerian pemerintah untuk melawan Covid-19.

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *