HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Prabowo Beli 2 Kapal Perang dari Italia Harganya Rp 20,4 T

 


sekilasdunia.com - Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto kembali mengumumkan pembelian dua kapal perang Pattugliatore Polivante d’Altura (PPA) Paolo Thaon di Revel class. Kapal tersebut merupakan jenis kapal Offshore Patrol Vessel (OPV) atau kapal patroli lepas pantai.

Produsennya adalah Fincantieri S.p.A, sebuah perusahaan pembuat kapal galangan di Italia. Dua unit OPV ini akan dibangun di Galangan Trieste, Italia.

Pengadaan kapal perang untuk patroli dan pengawalan tersebut diklaim merupakan bagian dari modernisasi alutsista yang strategis untuk menjaga kedaulatan negara di perairan Indonesia dan dalam rangka memperkuat pertahanan dan keamanan maritim. 

“Berdasarkan kontrak yang telah disepakati ini, rencana pengiriman kapal pertama pada bulan Oktober 2024, sementara kapal kedua dijadwalkan akan tiba pada bulan April 2025," tulis keterangan resmi Kemhan, Rabu (17/4/2024).

Penandatanganan kontrak pembelian dua kapal perang ini sebenarnya sudah dilakukan pada 28 Maret 2024. Berdasarkan keterangan resmi dari Fincantieri, harga yang disepakati atas pembelian dua kapal ini senilai 1,18 miliar euro atau sekitar Rp 20,4 triliun. 

Kontrak tersebut ditandatangani oleh CEO dan Managing Director Fincantieri dan Kementerian Pertahanan Indonesia di hadapan General Manager Divisi Kapal Angkatan Laut Italia Dario Deste. 

Kemhan memastikan perusahaan telah mendapatkan persetujuan dari OCCAR (Organisation Conjointe de Coopération en matière d’Armement / Organisation for Joint Armament Cooperation) Italia dan Angkatan Laut Italia untuk menjual kapal tersebut kepada Indonesia. (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *