HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Hamas Teguh Gencatan Senjata Harus Permanen Di Gaza

 

sekilasdunia.com - Hamas menekankan tetap ingin gencatan senjata permanen di Gaza. Respons resmi bakal disampaikan dalam waktu dekat. Hal itu disampaikan menyikapi gencatan senjata di Gaza yang diusulkan Israel beberapa hari lalu.

Suhail al-Hindi selaku pejabat senior Hamas, seperti diberitakan AFP pada Rabu (1/5/2024) mengungkapkan Hamas mempertimbangkan gencatan senjata 40 hari di Gaza dan pertukaran sandera Palestina dalam jumlah besar

"[Hamas] akan menyampaikan tanggapan yang jelas dalam waktu dekat. Tujuan [gencatan senjata] adalah untuk mengakhiri perang ini." tutur Suhail al-Hindi tanpa mendetailkan waktunya. 

Namun, ia mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan utusan Hamas yang mengikuti perbincangan mengenai hal itu merasakan kemajuan. 

Hamas mengirimkan perwakilan ke Kairo untuk berdiskusi bersama AS, Mesir, dan Qatar.

Menlu AS Blinken sejak Senin (29/4/2024) menilai proposal terbaru yang diajukan Israel adalah "yang paling murah hati." Kendati demikian, ia tak mendetailkan lebih lanjut isi dalam proposal itu.

Sebuah sumber yang mengetahui perundingan tersebut mengatakan mediator Qatar mengharapkan tanggapan dari Hamas dalam satu atau dua hari mendatang.

Sumber yang sama mengungkapkan usulan Israel berisi "konsesi nyata," termasuk periode "tenang berkelanjutan" setelah jeda awal dalam pertempuran dan pertukaran sandera dan tahanan.

Ia turut mengatakan penarikan Israel dari Jalur Gaza kemungkinan besar masih menjadi perdebatan.

Sementara itu, seorang pejabat Israel mengatakan bahwa pemerintah "akan menunggu jawaban hingga Rabu malam." Setelah itu, mereka baru akan "membuat keputusan" bakal mengirim utusan ke Kairo untuk mencapai kesepakatan atau tidak.

Namun, keinginan Hamas sepertinya bertolak belakang dengan pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Selasa (30/4/2024). Ia mengatakan Israel bakal tetap serang Rafah dengan ada atau tidaknya gencatan senjata Gaza.

"Kami akan memasuki Rafah dan kami akan melenyapkan batalion Hamas di sana dengan atau tanpa kesepakatan [gencatan senjata]," katanya kepada keluarga beberapa sandera yang masih ditahan di Gaza, seperti diberitakan AFP, Selasa (30/4/2024).


(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *