HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Presiden RI Joko Widodo Resmikan Bendungan Sumber Air Minum di IKN Habiskan Biaya Rp 836 M

sekilasdunia.com - Presiden RI Joko Widodo meresmikan Bendungan Sepaku Semoi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pembangunan bendungan itu menghabiskan total anggaran Rp 836 miliar.

"Alhamdulillah pada siang hari ini kita segera meresmikan Bendungan Sepaku Semoi yang telah dimulai pengerjaannya tahun 2020 dan selesai di tahun 2024, menelan biaya Rp 836 miliar," kata Jokowi dalam peresmian seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (4/6/2024).

Jokowi menyebut bendungan ini memiliki daya tampung 16 juta meter kubik dengan luas genangan 322 hektare. Bendungan ini akan menjadi sumber air minum di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Yang nantinya ini akan memiliki daya tampung 16 juta meter kubik, dengan luas genangan 322 hektare. Ini akan jadi sumber air baku bagi air minum di Ibu Kota Nusantara dan sebagian untuk Kota Balikpapan," ujarnya.

Bendungan Sepaku Semoi dilengkapi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung kapasitas 100 megawatt (MW) untuk menunjang pasokan listrik di IKN.  Pengisian Bendungan Sepaku Semoi telah dilakukan sejak 2023. Bendungan itu memiliki kapasitas 2.000 liter per detik untuk kebutuhan air bersih Kota Nusantara, dan 500 liter per detik untuk kebutuhan air bersih Kota Balikpapan.

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *