HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Mantan PM Belanda Mark Rutte Tinggalkan Kantor Gunakan Sepeda Usai Serah Terima Jabatan Di Den Haag

 


sekilasdunia.com - Mark Rutte resmi menyerahkan jabatan Perdana Menteri (PM) Belanda ke Dick Schoof setelah mengundurkan diri. Momen Mark Rutte meninggalkan kantor yang ditempati selama 14 tahun itu pun ramai di media sosial. 

Rutte menjadi viral di media sosial karena meninggalkan kantor PM Belanda dengan bersepeda setelah 14 tahun berkuasa. AFP juga turut mengunggah momen Rutte bersepeda meninggalkan kantornya itu.

Dilansir AFP, Senin (8/7/2024), terlihat momen Dick Schoof melambai ke Mark Rutte yang mengendarai sepedanya ketika meninggalkan kantor PM Belanda. Momen itu terjadi setelah upacara serah terima jabatan di Torentje, Den Haag, Selasa (2/7/2024) lalu.

Dalam foto serah terima jabatan itu, ada momen ketika Rutte menyerahkan palu ke Schoof. Keduanya memakai pakaian resmi yakni kemeja putih dibalut jas dan dasi berwarna hitam.

"Mantan kepala intelijen Dick Schoof menjadi perdana menteri Belanda yang baru pada 2 Juli, Schoof mengambil alih jabatan Mark Rutte setelah 14 tahun berkuasa," bunyi caption AFP.

Diketahui, Rutte telah berkuasa sejak 2010 dan merupakan pemimpin terlama kedua di Eropa. Rutte mundur setelah pemerintahannya gagal mencapai kesepakatan tentang pembatasan imigrasi pada tahun 2023 lalu.

Sebagai informasi, Rutte saat itu berencana untuk memperketat pembatasan terhadap penyatuan kembali keluarga pencari suaka. Hal itu guna mengekang jumlah pencari suaka, menyusul skandal tahun lalu atas pusat migrasi yang penuh sesak di mana seorang bayi meninggal dan ratusan orang terpaksa tidur di tempat terbuka.

"Bukan rahasia lagi bahwa mitra koalisi memiliki pendapat berbeda tentang kebijakan imigrasi. Malam ini, sayangnya kami telah mencapai kesimpulan bahwa perbedaan tidak dapat diatasi. Untuk alasan ini, saya akan segera menyampaikan pengunduran diri saya secara tertulis kepada raja atas nama seluruh pemerintahan," kata Rutte pada konferensi pers pada Jumat (7/7/2023) waktu setempat.


(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *