HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Tetapkan Hari Raya Idul Adha 1441 H, Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Ini



sekilasdunia.com, Jakarta - Kementerian Agama akan menggelar sidang penetapan (isbat) awal bulan Zulhijah dan Idul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi pada hari ini, Selasa (21/7). Isbat ini sekaligus menetapkan Hari Puasa Arafah, Hari Idul Adha dan Hari Tasyrik.

"Sidang isbat penetapan awal bulan Zulhijah itu sekaligus menetapkan Hari Puasa Arafah, Hari Idul Adha dan Hari Tasyrik," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim, Selasa, 21 Juli 2020.

Adapun Hari Raya Idul Adha jatuh pada 10 Zulhijah menurut penanggalan Islam. Jika tanggal 1 Zulhijah diketahui maka hari raya kurban dapat ditentukan sembilan hari setelah itu.

Akibat pandemi COVID-19 membuat Kemenag menyelenggarakan sidang isbat dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga peserta yang hadir akan dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan. Menteri Agama RI Fachrul Razi dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, dijadwalkan akan hadir. Selain itu juga ada perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta Komisi VIII DPR.

Sidang akan digelar 3 sesi. Sesi pertama yakni pemaparan posisi hilal oleh tim dari Kemenag.
Kemudian, sidang isbat akan dimulai usai Maghrib sekitar pukul 18.30 WIB. Sidang digelar tertutup. Sesi sidang diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 84 titik di seluruh Indonesia.

Sesi terakhir akan dilakukan pengumuman penetapan Hari Raya Idul Adha 2020 secara telekonferensi pers.

"Pada sesi ketiga, Menteri Agama mengumumkan hasil sidang isbat secara telekonferensi dan disiarkan langsung TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag Agus Salim dalam keterangan tertulis beberapa waktu yang lalu.

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *