HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Menkeu RI Sri Mulyani Akui Utang Luar Negeri Terus Meningkat

sekilasdunia.com, Jakarta - Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani memberikan keterangan tekait peringkat utang yang disematkan oleh Bank Dunia beberapa waktu lalu.  Jumlah utang Indonesia memang meningkat apalagi di tengah pandemi COVID-19.

Namun, Sri Mulyani menekankan hal ini tak terjadi pada Indonesia saja, melainkan juga negara-negara di dunia yang terjadi karena tingginya kebutuhan stimulus fiskal untuk menopang penurunan ekonomi alias countercyclical.

Kebijakan ini disebutnya turut dilakukan banyak negara dengan menambah pembiayaan utang mereka.

"Kalau kami lihat fiskal untuk countercyclical, kami tentu lihat implikasi ke utang, bisa dilihat ke negara-negara lain. Indonesia juga alami hal yang sama karena kita juga lakukan countercyclical," ujar Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa edisi September 2020 secara virtual, Senin (19/10).

Akibat kondisi ini, Ani memperkirakan rasio utang Indonesia akan mencapai 38,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2020 dan tembus 41,8 persen dari PDB pada 2021. Jumlahnya meningkat dibanding 2019 yang masih 30,5 persen terhadap PDB.

Rasio  utang masih lebih rendah dari negara-negara lain di dunia. Di kawasan Asia Tenggara misalnya, rasio utang Filipina sebesar 37 persen diperkirakan bakal naik menjadi 48,9 persen terhadap PDB pada tahun ini.

Begitu juga dengan Thailand yang naik dari 41,1 persen menjadi 50,4 persen dan Malaysia yang naik dari 57,2 persen menjadi 67,6 persen terhadap PDB. Sementara di Asia, rasio utang China diramal meningkat dari 52,6 persen menjadi 61,7 persen dan India melonjak dari 72,3 persen menjadi 89,3 persen terhadap PDB.

"Jepang bahkan saya rasa tidak perlu bicara lagi karena selama ini sudah 200 persen dan diperkirakan naik ke 266 persen pada tahun ini," ucap mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu.

Hal serupa juga terjadi di negara-negara Eropa. Rasio utang Italia diproyeksi melejit dari 134,8 persen menjadi 161,8 persen, Prancis 98,1 persen menjadi 118,7 persen, Inggris 85,4 persen ke 108 persen, dan Jerman 59,5 persen ke 73,3 persen terhadap PDB.

"Amerika sudah tembus 100 persen dan sekarang mendekati 130 persen. Ini yang terjadi di berbagai negara, konsolidasi fiskal menjadi keharusan," tuturnya.

Ani bilang peningkatan rasio utang di berbagai negara ini selanjutnya tidak hanya perlu dilihat dari sisi angka, namun juga kualitas dan kemampuan fiskal masing-masing negara yang berbeda-beda.


"Semua negara mengalami tekanan dari sisi fiskal karena adanya covid. Kekuatan fiskalnya, kesehatan fiskalnya di setiap negara berbeda-beda," imbuhnya.

Kendati begitu, rasio utang yang tinggi tak serta merta salah. Menurutnya, hal ini bergantung pada kebijakan pengelolaan utang di masing-masing pemerintahan.

"Negara maju yang tadi utangnya bisa mencapai 100 persen dari PDB, mereka punya keunggulan dari suku bunga nol persen seperti di Eropa, Amerika, Jepang, sehingga walaupun mereka utang, mereka tetap jaga karena adanya domestik source of financing-nya dan suku bunganya sangat rendah, bahkan ada yang negatif interest rate," terangnya.

Di sisi lain, rasio utang yang rendah bisa juga tetap memberatkan suatu negara bila tingkat ekonominya rendah atau bahkan masuk kategori negara miskin. Sebab, mereka harus membayar bunga dengan tingkat yang lebih tinggi.

"Indonesia sendiri dengan proyeksi defisit anggaran 6,34 persen dan rasio utang 38 persen, kita sudah lihat potensi pemulihan ekonomi. Kita sudah lakukan konsolidasi fiskal dengan hati-hati dan penuh kalkulasi agar ekonomi bisa membaik," ujarnnya. (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *