HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Ekonomi China Capai 4,9% di Kuartal III-2020


sekilasdunia.com - Pertumbuhan ekonomi China tercatat sebesar 4,9% pada kuartal-III 2020 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan ini menempatkan ekonomi China ke kondisi sebelum pandemi COVID-19 melanda.

Dikutip dari The Wall Street Journal, Senin (19/10/2020) angka pertumbuhan ekonomi China kuartal III-2020 sebesar 4,9% di bawah ekspektasi analis. Ekonom China diperkirakan tumbuh 5,2% pada kuartal III-2020. Dengan demikian ekonomi China tumbuh 0,7% dalam sembilan bulan pertama tahun ini atau year to date.

Ekspansi kuartal-III dibangun setelah pertumbuhan kuartal-II hanya 3,2% dan diikuti kontraksi ekonomi sebesar 6,8% pada tiga bulan pertama 2020. Kontraksi dan penurunan ekonomi itu disebabkan lockdown di Wuhan untuk menekan penularan COVID-19.

Sebelumnya, International Monetary Fund (IMF) atau Dana Moneter Internasional memproyeksikan ekonomi China tumbuh sebesar 1,9% pada tahun 2020, menjadikannya satu-satunya ekonomi utama dunia yang tumbuh pada tahun yang dilanda pandemi COVID-19.

Terkait hal tersebut saat ekonomi China tumbuh, maka permintaan akan meningkat sehingga ekspor Indonesia akan terus membaik. Pada September 2020, ekspor Indonesia memang masih terkontraksi tetapi tinggal 0,51% YoY. Bukan tidak mungkin ekspor akan tumbuh positif seiring peningkatan permintaan dari China.

Peningkatan ekspor berarti pasokan devisa juga akan membaik. Indonesia tidak lagi terlalu tergantung terhadap investasi portofolio di sektor keuangan (hot money) sehingga fundamental rupiah akan lebih kuat. (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *