HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

KTT Ke 24 Asean-RRT : Jokowi Dorong Asean - RRT Tetap Menjalankan Kemitraan Yang saling Menghormati dan Saling Menguntungkan

sekilasdunia.com - Presiden Joko Widodo mendorong agar ASEAN dan China terus menjalankan kemitraan yang saling menghormati dan menguntungkan. Ia mengatakan, kemitraan antara kedua pihak telah terjalin selama 30 tahun. 

Hal ini dikatakan Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-24 ASEAN-RRT yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (26/10/2021). 

"Masa 30 tahun adalah waktu yang cukup untuk membangun kepercayaan antara kita," katanya.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa ASEAN dan China memiliki kepentingan sama untuk membangun kawasan yang damai dan stabil, termasuk di Laut China Selatan. Baik ASEAN maupun China ingin kawasan tersebut damai dan stabil dengan tetap menghormati hukum internasional.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan ASEAN dan RRT juga memiliki kepentingan yang sama untuk terus membangun kemitraan guna meningkatkan kesejahteraan. Dia menegaskan ASEAN tidak ingin terjebak di antara rivalitas yang dapat merugikan. 

“ASEAN justru ingin mengembangkan kerja sama secara terbuka, secara inklusif, dengan semua mitra di empat prioritas yaitu maritim, konektivitas, pencapaian SDGs (Suistanable Development Goals), dan penguatan perdagangan investasi,” katanya. 

Presiden Jokowi meyakini bahwa kemitraan yang sudah terbangun antara ASEAN dan China selama 30 tahun dapat menjadi modal kuat untuk terus menjalin kerja sama.

“Jika kerja sama ini berhasil kita lakukan, maka sebuah kemitraan strategis komprehensif akan merupakan sebuah keniscayaan,” tandasnya.


(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *