HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Menkes : Vaksin Booster di 2022 Gratis Cuma untuk Peserta BPJS Kesehatan

 

sekilasdunia.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan booster vaksin atau suntikkan dosis ketiga Covid-19 akan diberikan secara gratis pada warga yang terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan. 

"Kita sudah bicarakan dengan pak Presiden, prioritas booster vaksin itu lansia dulu, baru nanti yang akan ditanggung oleh negara [biayanya] adalah peserta PBI. Jadi nanti, anggota DPR yang penghasilannya cukup, bayar sendiri booster-nya," kata Budi dalam Raker Komisi IX DPR RI, Senin (8/11/2021).

Menkes Budi Gunadi Sadikin juga menjelaskan rencana pemberian booster vaksin Covid-19 pada 2022. 

Adapun, Vaksin Covid-19 tambahan atau booster bagi masyarakat luas ini penting dilakukan sejalan dengan mulai turunnya efikasi vaksin. Vaksin booster berfungsi untuk meningkatkan dan memastikan imun yang telah terbentuk pada dosis sebelumnya, sekaligus memberikan perlindungan yang lebih optimal pada risiko masuknya patogen.

Perlu diketahui, Ketua Satuan Tugas Covid-19 IDI mengungkapkan perkembangan pelaksanaan vaksin di Indonesia hingga Kamis 4 November 2021. Dimana jumlah masyarakat yang sudah divaksinasi dosis kedua sebanyak 76.687.750 orang atau 36,82 persen dari total target sasaran vaksinasi.

Untuk jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama yakni sebanyak 122.852.096 orang atau 58,99 persen. Adapun besaran target sasaran vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunitas (herd immunity) sebesar 208.265.720 orang. Vaksinasi menyasar tenaga kesehatan, lansia, petugas publik dan masyarakat umum termasuk anak-anak usia 12-17 tahun.

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *