HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Tahap Pertama Pembangunan IKN, Presiden Jokowi : Reboisasi Hutan

sekilasdunia.com –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan kembali pembangunan tahap pertama di proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). 

Kawasan ini masuk dalam 50 hektare atau 30 persen untuk pusat pemerintahan, dari total 256 ribu hektare luas IKN.

"Diawali dengan merevitalisasi dan mereboisasi hutan terlebih dahulu," kata kepala negara ini dalam acara Beranda Nusantara yang YouTube RRI Net Official, Rabu, (23/03/2022).

Presiden Jokowi menerangkan sebelum memindahkan Ibu Kota Negara dari Jakarta, pembangunan IKN diawali dengan melakukan penghijauan dan menanam kembali pohon dari berbagai jenis tanaman. Kemudian, pembangunan dilanjutkan dengan infrastruktur dasar, termasuk penyediaan air baku, wilayah hijau dan biru kota, kompleks pemerintahan, perkantoran, perumahan beserta sarana dan prasarananya.

Sementara itu, Presiden Jokowi menegaskan bahwa pemindahan IKN ke Nusantara bukan sekadar memindahkan Aparatur Sipil Negara dan membangun gedung-gedung pemerintah. Namun, menjadi lompatan bagi bangsa Indonesia untuk melakukan transformasi bangsa menuju Indonesia maju. 

Pembangunan IKN juga berperan penting dalam melakukan transformasi budaya Indonesia yang baru dan relevan. Dimulai dari merawat alam dan lingkungan, serta menggunakan material alam dan berbasis energi baru terbarukan.

Presiden Jokowi meyakini IKN Nusantara akan menjadi kota yang ramah lingkungan karena dapat dijangkau dalam 10 menit, penggunaan transportasi publik sebesar 80 persen, cakupan area hijau 70 persen, dan pengurangan temperatur sebesar 2 derajat.

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *