HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

BNPB : Pemerintah Daerah Bisa Ajukan Status Darurat Kekeringan Agar Dapat Bantuan

sekilasdunia.cm - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan pemerintah daerah memiliki hak untuk mengajukan status siaga darurat kekeringan di tengah ancaman fenomena El Nino di Indonesia.

Kepala BNPB Suharyanto menjelaskan dengan pengajuan status itu, BNPB akan terjun memberikan bantuan logistik atau lainnya kepada daerah tersebut.

"Ini para kepala daerah bisa mengajukan menetapkan status siaga darurat kekeringan, BNPB bisa masuk memberikan bantuan baik anggaran maupun perlengkapan," kata Suharyanto dalam rapat kerja bersama Komisi VIII, Kamis (14/9/2023).

Terkait hal itu, Suharyanto juga mengatakan gagasan itu merupakan formulasi baru dari BNPB, mengingat saat ini marak kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) akibat kemarau panjang. Sebelumnya, BNPB baru turun setelah ada status 'darurat'.

Suharyanto mengatakan sejumlah kasus karhutla sudah berhasil ditangani. Ia menyebut Indonesia hanya memiliki 22 helikopter water bombing, padahal idealnya Indonesia membutuhkan 50 heli water bombing di tengah situasi El Nino.

Ia menyebut biasanya Indonesia memesan heli water bombing dari Ukraina atau Rusia. Namun, kedua negara tersebut masih bersitegang hingga saat ini.

"Sumatera, Jambi, Riau, hujan terus. Palembang terbakar, kemarin juga sempat muncul di medianya Singapura. Bromo sudah padam, Arjuno juga sudah padam, kebakaran sampah juga masih belum tapi kami laksanakan terus," ujar Suharyanto.

"Kami bekerja terus untuk karhutla ini mudah-mudahan tidak seperti kasus di 2015 dan 2019," imbuhnya.


(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *