HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Presiden RI Joko Widodo Lepas Kontingen Indonesia ke Asian Games 2022 Hangzhou

sekilasdunia.com - Presiden RI Joko Widodo secara resmi melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga pada Asian Games 2022 Hangzhou. Pelepasan kontingen Indonesia ini dilakukan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (19/9/2023). Ada 576 anggota kontingen Indonesia yang akan berangkat ke Asian Games 2022.

“Hari ini akan kita lepas kontingen sebanyak 576 orang menuju ke Asian Games ke-19 di Hangzhou, China, sebanyak 30 cabang olahraga yang akan diikuti,” ujar Presiden, dikutip dari setkab.go.id, Rabu(20/9/2023).

Jika sebelumnya pada Asian Games 2018 Jakarta Palembang kontingen Indonesia mampu menduduki peringkat ke-4, Presiden Jokowi berharap di Hangzhou Indonesia dapat berada di jajaran 10 besar ajang olahraga multicabang terbesar di kawasan Asia ini. Target ini berada di atas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang menargetkan peringkat ke-12.

“Jangan 12 lah, saya minta masuk ke 10 besar. Saya tahu menjadi tuan rumah dan tidak menjadi tuan rumah itu beda, saya tahu. Jadi kembali lagi target saya masuk ke 10 besar, biasanya hitungan saya enggak meleset,” ujarnya.

Menutup sambutannya, Presiden menyampaikan harapan agar para atlet yang akan bertanding di Asian Games Hangzhou dapat meraih hasil yang maksimal.

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dalam laporannya menyampaikan bahwa kontingen Indonesia yang berjumlah 576 orang terdiri dari 413 atlet, 132 ofisial, dan 28 tim chef de mission (CdM). Mereka akan bertanding dalam 30 cabang olahraga dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Komposisi 78 atlet dan ofisial sudah berangkat ke China, 110 atlet dan ofisial masih melaksanakan training camp di luar negeri serta 360 atlet dan ofisial masih berada di Indonesia. Sebanyak 8 cabang olahraga yang masih menjalankan training camp di luar negeri, yaitu panahan, atletik kano, cycling BMX, judo, rowing, taekwondo, dan wushu," tuturnya.

"Selanjutnya 5 cabor sudah berangkat dan mulai bertanding lebih awal, seperti sepak bola, kriket, modern pentathlon, voli indoor, dan beach volley, semoga dapat memacu semangat seluruh cabang olahraga dan kontingen Indonesia," lanjut Dito.

Asian Games di Hangzhou seharusnya digelar pada 2022. Namun, Asian Games 2022 ditunda karena pandemi COVID-19 dan baru digelar pada September 2023 ini.

Turut hadir dalam pelepasan ini, antara lain, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menpora Dito Ariotedjo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku CdM kontingen Indonesia, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, serta Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (Sekjen KONI) Lukman Djajadikusuma. (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *