HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

TNI Siapkan Dua Pesawat Hercules untuk Kirim Bantuan ke Palestina

sekilasdunia.com - Mabes TNI tengah menyiapkan Pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara untuk mengirim bantuan logistik ke Palestina.

Hal ini disampaikan Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Julius Widjojono langkah tersebut diambil untuk menindaklanjuti instruksi dari Presiden Jokowi.

"TNI Tengah menyiapkan dua Pesawat Hercules C-130 A-1327 dan A-1328 miilik TNI AU dari Skadron Udara 31 dan 32. Selain itu juga kita siapkan dua pesawat Hercules cadangan untuk mendukung misi tersebut," kata Julius, Kamis (2/11/2023).

Selain dua unit pesawat Hercules TNI AU, kata Julius, misi tersebut juga melibatkan satu unit pesawat charter Boeing 737 Garuda yang dilakukan Mabes Polri. Sehingga total dukungan pesawat untuk mengangkut logistik bantuan kemanusiaan ke Palestina berjumlah tiga unit.

Lebih lanjut, Julius menyampaikan pengajuan nota diplomatik visa oleh Kemenlu RI terkait over flight clearence, landing permit, ground handling, dan lain-lain, saat ini tengah dilaksanakan.

Kementerian Pertahanan juga bakal membantu dalam beberapa pembiayaan proses pengiriman bantuan.

Ia menjelaskan bantuan kemanusiaan rencananya akan diterbangkan menuju Mesir yang kemudian akan diteruskan ke rakyat Palestina.

"Pengiriman bantuan ini rencananya akan dilepas oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu, 4 November 2023 pukul 08.30 WIB, bertempat di Base Ops Lanud Halim PK dan diperkirakan tiba di Mesir tanggal 6 November 2023," katanya.

Ia menjelaskan rute penerbangan dalam misi kemanusiaan itu yakni Halim (Jakarta) - Aceh - Yangon (Myanmar) - New Delhi (India) - Abu Dhabi (UEA) - Jeddah (Arab Saudi) - El Arish (Mesir).

"Kolaborasi antar instansi yang solid menjadikan proses pengiriman bantuan sampai dengan saat ini berjalan lancar," katanya.



(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *