HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Ratusan Drone Dan Rudal Balistik Iran Serang Israel, Sebagai Balasan Atas Gempuran Israel Terhadap Konsulat Iran Di Suriah

sekilasdunia.com - Iran resmi melancarkan serangan balasan terhadap Israel dengan meluncurkan ratusan pesawat nirawak (drone) hingga rudal, Sabtu (13/4/2024). Serangan tersebut meningkatkan eskalasi konflik antara kedua negara yang memanas sejak awal April.

Konflik itu bermula karena Israel menggempur Konsulat Iran di Damaskus, Suriah, pada 1 April 2024. Serangan itu menyebabkan 11 orang meninggal, termasuk dua komandan pasukan elite Korps Garda Revolusi Iran (IRGC).

Iran kemudian bersumpah akan membalas serangan Israel. Hampir dua pekan berselang, sumpah itu pun dipenuhi ketika Iran menembakkan ratusan drone hingga rudal balistik ke wilayah udara Israel.

Serangan itu memicu reaksi sekutu hingga negara-negara internasional, terutama Amerika Serikat (AS) yang berkomitmen untuk membantu Israel. Tensi panas itu kemudian membuat warga dunia menduga-duga Perang Dunia 3 bakal pecah.

Topik Perang Dunia 3 atau World War III (WW III) menjadi perbincangan hingga trending di media sosial. Bukan hanya netizen, para pengamat juga melihat peluang PD 3 pecah imbas saling serang tersebut.

Lembaga Think Tank bernama Foundation for Peace Professionals atau PeacePro menilai bahwa dunia berada di ambang Perang Dunia 3 setelah serangan Iran ke Israel.

Direktur Eksekutif PeacePro Abdulrazaq Hamzat mengatakan eskalasi krisis antara Iran dan Israel merupakan indikasi konflik yang lebih luas.

Kegagalan PBB untuk segera melakukan intervensi yang memadai juga mempertegas sinyal bahwa badan dunia itu kehilangan kendali terhadap sistem perdamaian global.


(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *