Mesin Pesawat Garuda Bawa 450 Jamaah Haji Terbakar

sekilasdunia.com - Boeing 747-412 milik maskapai Garuda Indonesia yang mengangkut 450 jamaah haji asal Makassar mengalami insiden terbakar mesin kanan. Peristiwa itu terjadi sesaat pesawat melakukan take off di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulsel, pada Rabu (15/5/2024).

Insiden itu membuat Pilot in Command (PIC) mengambil keputusan Return to Base (RTB) setelah mempertimbangkan kondisi kendala mesin pesawat. Ternyata, ada percikan api pada salah satu mesin di sisi kanan.

"Penerbangan GA-1105 rute Makassar – Madinah pada hari ini mengangkut kelompok terbang (Kloter) 5 asal embarkasi Makassar, melakukan prosedur Return to Base (RTB) sebagai langkah cepat guna memitigasi risiko pada aspek safety dan keamanan operasional pada penerbangan tersebut," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, dalam keterangan, Rabu (15/5/2024).

Atas kondisi itu, engine pesawat diharuskan menjalani prosedur pengecekan secara menyeluruh sebagai bagian dari upaya memastikan kesiapan armada untuk dapat kembali beroperasi.

"Perlu kami sampaikan bahwa penerbangan tersebut telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 17.15 LT, #seluruh penumpang tengah diarahkan kembali menuju asrama untuk menunggu kesiapan pesawat pengganti," terang Irfan.

Lebih lanjut, seluruh penumpang pesawat tiba di bandara dalam keadaan selamat dan baik, dan akan kembali diberangkatkan secepatnya mengacu pada kesiapan pesawat pengganti. Proses pendampingan jemaah menuju asrama turut melibatkan stakeholder kebandarudaraan terkait guna memastikan aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang terjaga dengan baik.

Sebelumnya momen pesawat yang mengangkut jamaah haji asal Makassar itu dibagikan juga oleh akun X (Twitter) @Love09July07. Warganet yang melihat hal tersebut mengaku terkejut dan merasa lega seluruh jamaah serta awak pesawat selamat.

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *