HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Cegah Covid-19 Ramadan 1441 H Tanpa Bubur Sup Khas Masjid Raya Al Mashun Medan





sekilasdunia.com, Medan  - Tradisi pembagian bubur sop selama Ramadan di Masjid Raya Al Mashun, Medan, ditiadakan sementara. Kebijakan ini diambil pengurus masjid bersejarah itu untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Tradisi masak bubur di Masjid Raya Al Mashun Medan ini merupakan budaya khas Melayu yang telah ada sejak 1909.

Tidak seperti tahun sebelumnya, wabah Covid-19 atau Virus Corona mengubah tradisi Ramadan di Masjid Raya Al Mashun Medan.Jika biasanya pengurus masjid menyediakan bubur sup untuk menu berbuka puasa, kali ini tidak ada.

"Bubur sudah nggak ada lagi. Memang sudah disiapkan kayu dan bahan bahannya. Cuma kondisi saat ini kita kan maklum, kita semua mengikuti petunjuk dari pemerintah, supaya ditiadakan," kata Imam Masjid Raya 

Bukan hanya tradisi, pandemi Covid-19 juga mempengaruhi ibadah di Masjid Raya Al Mashun. Tadarus dan pengajian juga ditiadakan.

Meski salat tarawih berjamaah tetap digelar, namun hanya untuk warga sekitar masjid. 
"Kita sebelum sebelumnya sudah sempat membagikan sajadah kecil kepada masyarakat sekitar. Kita ingatkan jangan sampai tertinggal. Kalau selesai salat jangan ditinggal, supaya jangan tertukar sama yang lain," ungkapnya.

Sementara itu protokol pencegahan juga dilakukan di areal masjid. Sebelum masuk, jemaah yang hadir harus melewati bilik disinfektan, kemudian mencuci tangan. Bahkan, jemaah harus memakai masker saat masuk ke areal masjid. (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *