HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Presiden Jokowi : Istana Negara di IKN Nusantara Dibangun di Ketinggian 80 Mdpl

sekilasdunia.com -   Presiden Jokowi mengatakan lokasi Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur berada di ketinggian 80 meter di atas permukaan laut (Mdpl). 

"Di sini titik Istana-nya, tempat yang tertinggi dari permukaan laut kira-kira 80 meter, paling tinggi di sini. Sehingga, bisa melihat seluruh penjuru kanan kiri," jelas Jokowi sebagaimana dilihat dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (15/3/2022).

Adapun alasan pemilihan titik nol di IKN Nusantara. Jokowi menyebut bahwa penentuan lokasi titik nol ini berdasarkan kalkulasi yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Lebih lanjut, Jokowi menegaskan pemindahan IKN ke Kalimantan Timur adalah untuk pemerataan dan keadilan. Menurut Jokowi, 58 persen perputaran ekonomi ada di pulau Jawa khususnya Jakarta, padahal Indonesia memiliki 17.000 pulau. Sementara itu, 56 persen populasi Indonesia pun terkonsentrasi di pulau Jawa. 

“Juga ada banyak alasan, karena ada banyak lahan dan yang paling penting pemindahan (IKN)) ini untuk pemerataan, untuk keadilan, karena kita memiliki 17.000 pulau yang 56 persennya ada di Jawa. Ada 156 juta populasinya Indonesia ada di pulau Jawa,” ujar Jokowi.

Presiden mengatakan bahwa IKN Nusantara dibangun dengan salah satu konsep sebagai kota hutan. Artinya, hutan hijau di wilayah IKN akan dibiarkan agar berkelanjutan.

Untuk itu, pemerintah akan melakukan rehabilitasi hutan di IKN. Salah satunya dilakukan dengan membangun pusat persemaian yang dapat memproduksi 20 juta bibit tanaman per tahun. Selanjutnya, bibit tersebut akan ditanam untuk rehabilitasi hutan agar hutan di IKN tidak lagi bersifat homogen. 

Dalam kesempatan itu, Presiden memastikan gagasan pemindahan ibu kota sudah muncul pada era kepemimpinan Presiden Pertama RI Soekarno, Presiden Kedua Soeharto, dan Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, sejumlah pergolakan yang terjadi telah mengubur rencana perpindahan tersebut.

 (ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *