HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Drawing Piala Dunia U20 di Bali Batal Dilakukan Karena Ada Polemik Terhadap Kehadiran Tim Israel

 


sekilasdunia.com - FIFA selaku pemegang otoritas tertinggi sepak bola dunia secara resmi membatalkan salah satu agenda penting dalam rangkaian Piala Dunia U20 2023, yakni undian atau drawing fase grup. Undian atau drawing Piala Dunia U20 2023 semula dijadwalkan berlangsung di Bali pada Jumat (31/3/2023). 

Namun, beberapa hari sebelum drawing Piala Dunia U20 dilaksakanan, PSSI selaku induk sepak bola Indonesia memberikan pengumuman terkait informasi pembatalan dari FIFA. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

"Israel adalah peserta, jadikan tidak mungkin drawing-nya akan dilakukan tanpa seluruh keikutsertaan peserta," ujar anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, saat mengumumkan pembatalan FIFA dalam konferensi pers yang disiarkan melalui live streaming Youtube PSSI, Minggu (26/3/2023).

Menurut PSSI, penolakan tersebut bisa menjadi alasan bagi FIFA untuk membatalkan drawing yang sejatinya dijadwalkan berlangsung pada akhir Maret 2023. Sebab, bagi FIFA, penolakan gubernur sama dengan membatalkan garansi penyelenggaraan yang telah dikeluarkan Pemerintah Provinsi Bali.

Padahal, sebelum ini, Gubernur Bali juga sudah menandatangani dokumen Government Guarantee agar Pulau Dewata menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia U20, dari drawing hingga rangkaian pertandingan. Gubernur Bali bukan satu-satunya pihak yang menolak kehadiran timnas Israel sebagai peserta Piala Dunia U20 2023.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, juga menolak timnas Israel sebagai sikap dukungan dan komitmen untuk kemerdekaan Palestina. Adapun Duta Besar (Dubes) Palestina Zuhair Al Shun sudah angkat bicara terkait keikutsertaan Israel pada Piala Dunia U20 2023. 

Zuhair Al Shun sebagai representasi resmi Palestina tidak mempermasalahkan jika timnas U20 Israel datang ke Indonesia sebagai peserta Piala Dunia U20 2023. 

Merespons hal tersebut, Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia ( PSSI) Erick Thohir akan melapor kepada Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi ). Hal tersebut disampaikan oleh Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, ketika memberikan kabar terbaru mengenai Piala Dunia U-20 2023, Minggu (26/3/2023).

"Saat ini Erick Thohir sedang berkoordinasi dengan Kemenlu sebagai penanggung jawab diplomasi dan kepada Kemenpora yang merupakan INAFOC, PJ pelaksanaan Piala Dunia-20 ini," kata Arya Sinulingga.


(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *