HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Bandara VVIP IKN Uji Coba Juli 2024, Bisa untuk Komersial

 


sekilasdunia.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan Bandara VVIP IKN uji coba (commissioning) Juli 2024. Basuki mengatakan, landasan pacu (runway) Bandara VVIP IKN sepanjang 3.000 meter, namun baru akan fungsional untuk upacara 17 Agustus 2024 sepanjang 2.200 meter.

“Commissioning Juli 2024 dengan otorita kebandaraan, fisik dan instrumentasinya,” ungkap Basuki saat ditemui di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Senin (6/5/2024).

Meski baru dikhususkan untuk pesawat VVIP, Basuki memastikan ke depannya penerbangan komersial bisa mendarat di bandara tersebut untuk seluruh masyarakat.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga menjelaskan, akses Bandara VVIP menuju IKN juga sedang dipersiapkan.

“Dari bandara itu dikerjakan akses bandara ke Tol 5B dan Jalan Nasional, kalau udah kelar waktu 10-15 menit,” pungkas Danis.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra menyebutkan maskapai membidik rute penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta (CGK) langsung menuju Bandara VVIP IKN.

Meski memprediksi trafik yang tinggi, Irfan mengakui masih menunggu arahan pemerintah, dalam hal ini terutama Badan Otorita IKN (OIKN), terkait spesifikasi dan persyaratan pesawat yang bisa mendarat di Bandara VVIP.

"IKN memang secara di atas kertas memungkinkan dan harusnya kita terbang ke sana. Tapi kita masih tunggu dari Otorita IKN, apakah benar spek-nya itu sesuai dengan persyaratan yang dipenuhi," jelasnya saat Diskusi Forwahub, Kamis (7/3/2024).

Irfan mengatakan, jika Garuda Indonesia bisa membuka rute ke Bandara VVIP IKN, maka penerbangan menuju Bandara Sepinggan Balikpapan (BPN) akan dikurangi. Maskapai sudah memiliki frekuensi penerbangan yang tinggi ke Balikpapan bahkan dengan armada wide body.

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *