HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Bus Transjakarta Bandara Soekarno Hatta Di Uji Coba Awal Juli 2023, Diutamakan Layani Karyawan Bandara

sekilasdunia.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan uji coba bus Transjakarta Bandara Soekarno-Hatta dilakukan pada pekan pertama Juli tahun ini, dan akan mengoperasikan 15 unit bus berbahan bakar minyak.

"Ini akan dilakukan uji coba. Kami harapkan uji coba bisa dilakukan paling lambat minggu pertama Juli," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo soal Transjakarta bandara itu, Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Sementara itu, Sayfrin mengatakan pihaknya tengah memenuhi persyaratan administrasi lantaran Transjakarta akan melayani rute Bandara Soekarno-Hatta. 

“Bandara itu di luar Jakarta, maka izinnya dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek,” ujarnya.

Untuk tahap awal, rute Transjakarta yang akan diopersikan adalah terminal Kalideres-Bandara Soetta. 

Terkait hal itu, anak buah Heru Budi Hartono itu belum bisa memastikan apakah tarif Transjakarta Bandara Soekarno-Hatta juga akan mendapat subsidi lantaran masih dihitung besarannya.

“Kami akan kaji dari sisi layanan. Jika tarifnya Rp 3.500 tentu itu skema subsidi masuk tapi dari sisi jaringan dan sebagainya ini juga menjadi faktor penentu dan kemudian pada saat kajian sudah lengkap akan diumumkan,” ucap dia.

Namun, PT Angkasa Pura II tidak akan memberikan subsidi untuk besaran tarif Transjakarta yang diutamakan bagi pekerja bandara. 

“Nanti perhitungannya, tentu AP II tidak memberikan subsidi jika itu menggunakan subsidi itu murni dari Pemprov DKI,” katanya.

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mengusulkan Bus Transjakarta membuka rute dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta. Usulan pembukaan rute pada jam-jam tertentu itu untuk melayani mobilitas karyawan yang bekerja di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Direktur Utama (Dirut) PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan jumlah pekerja di Bandara Soetta saat ini nmencapai berkisar 40 ribu-50 ribu orang. Mereka bekerja di berbagai instansi seperti AP II, maskapai, ground handling, instansi pemerintahan, tenant komersial, dan sebagainya.

Usul tersebut sudah disampaikan pada saat rapat koordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menggelar rapat koordinasi dengan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, membahas integrasi moda transportasi di Bandara Soetta.

Rapat koordinasi digelar di kereta inspeksi dalam perjalanan dari Bandara Soetta ke Stasiun BNI City, Jakarta.

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *