HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Kelompok Houthi Klaim Penembakan Kapal Kargo Yunani Di Laut Merah

sekilasdunia.com - Kapal kargo milik perusahaan Yunani di Laut Merah menjadi sasaran penembakan. Kelompok pemberontak Yaman. Houthi, mengklaim sebagai dalang penembakan tersebut.

Dilansir AFP, Rabu (17/1/2024), perusahaan Ambrey selaku pemilik kapal mengatakan kapal berbendara Malta itu menjadi sasaran tembak dan terkena rudal saat transit di selatan Laut Merah. Kapal itu diketahui berlayar dari Vietnam ke Israel.

"Kapal tersebut, yang telah mengunjungi Israel sejak pecahnya perang di Gaza dan menuju ke Terusan Suez, mengubah haluan dan menuju ke pelabuhan setelah kejadian tersebut," keterangan dari perusahaan Ambrey.

Sumber di Kementerian Kelautan Yunani mengatakan kapal bernama Zografia itu berisi 24 awak. Kapal mengalami kerusakan minim akibat serangan rudal dari kelompok Houthi.

Kelompok Houthi mengaku menjadi aktor penyerangan kepada kapal kargo Yunani tersebut di Laut Merah. Houthi mengaggap kapal kargo itu memiliki kaitan dengan Israel.

Houthi mengatakan pasukan mereka 'melakukan operasi penargetan' terhadap kapal tersebut dengan beberapa rudal angkatan laut setelah awak kapal tidak menanggapi peringatan. 

Keterangan dari Houthi juga menjelaskan mereka telah bersumpah untuk melanjutkan serangan tersebut sampai agresi Israel berhenti dan pengepungan terhadap jalur Gaza dihentikan.

Pemilik kapal kargo yang diserang kelompok Houthi adalah perusahaan bernama Ambrey di Yunani. Kapal itu penuh muatan. Dilansir Reuters, laporan yang didapat biro Operasi Perdagangan Maritim Inggris Raya (UKMTO) mengatakan lokasi penembakan kapal kargo Yunani itu berada pada 100 nautical miles di barat daya Saleef.

Ada lagi serangan ke kapal kargo milik Malta pada 76 nautical miles barat laut Pelabuhan Saleef di Yaman. Namun, kapal itu disebut tidak berisi penumpang atau muatan.

Kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran telah mengancam akan memperluas sasarannya di Laut Merah sebagai bentuk protes terhadap pemboman Israel di Gaza dengan menyertakan kapal-kapal AS sebagai tanggapan atas serangan Amerika dan Inggris terhadap lokasi mereka di Yaman.


(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *