HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

DPR-RI Soroti Impor Bahan Makanan Untuk Jamaah Haji Indonesia Di Arab Saudi Berasal Dari Thailand Dan Vietnam

sekilasdunia.com - Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI menyoroti pemakaian bahan makanan impor untuk jemaah haji Indonesia tahun ini. Menurut anggota Timwas Haji DPR, Luluk Nur Hamidah, impor bahan makanan yang diambil dari Thailand dan Vietnam itu menandakan kurangnya upaya pemerintah dalam mendukung produktivitas petani Indonesia.

“Mengapa tidak ada langkah serius dari pemerintah untuk mendukung produktivitas petani kita sendiri?” kata anggota Fraksi PKB itu melalui keterangan tertulis pada Minggu (9/6/2024).

Diketahui, Timwas Haji DPR baru saja melakukan pengecekan perjalanan haji di Madinah, Arab Saudi pada Sabtu, 8 Juni 2024. Salah satunya dengan menggelar inspeksi terhadap makanan yang disediakan Nooha for Catering Services Company Al Hijrah.

Luluk menyayangkan penggunaan bahan impor dari Thailand dan Vietnam untuk jemaah haji Indonesia. Dia berharap pemerintah bisa memenuhi kebutuhan makanan mereka dengan mengambil bahan pangan dari tanah air.

Luluk mengatakan pemerintah harus mampu melakukan perluasan impor dan memperbesar jejaring agar dapat mengirimkan bahan makanan dari Indonesia ke Arab Saudi. 

“Thailand dan Vietnam mendapatkan manfaat dari jumlah jemaah kita yang besar, padahal kontribusi mereka (ke jumlah jemaah haji) relatif kecil,” ucap Luluk.

Kemudian, Luluk mempertanyakan kendala apa yang dihadapi pemerintah dalam mengirimkan bahan pangan dari Indonesia ke Arab Saudi. Pemerintah, kata dia, terlihat menghadapi kendala dalam mengekspor bahan baku ke Arab Saudi untuk kebutuhan konsumsi jemaah haji Indonesia.

Dia pun mengatakan Timwas Haji DPR berencana mengecek ke Kementerian Perdagangan untuk memastikan ada tidaknya kendala dalam perjanjian dagang antara Indonesia dan Arab Saudi.

Selain itu, Luluk juga meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk melihat mengkaji kemungkinan mereka bisa memenuhi kebutuhan makanan jemaah haji Indonesia. 

(ims)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *