HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Menhub: 2.000 Orang Akan Ikut Upacara 17 Agustus 2024 di IKN

 


sekilasdunia.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan ada 2.000 orang akan berpartisipasi dalam upacara HUT RI 17 Agustus 2024 di IKN nanti, termasuk Presiden RI Joko Widodo, petugas upacara, delegasi berbagai negara, hingga tamu kehormatan.

Budi menyebut dengan pembangunan yang masih berjalan, IKN cukup menampung 2.000 orang saat upacara 17 Agustus 2024. Beda dengan upacara di Istana Negara, Jakarta, selama ini dengan jumlah orang yang lebih banyak. 

"Kalau di Jakarta memang unlimited karena memang wilayah yang besar, persiapannya juga besar. Ya kalau yang di sini bisa sampai 5.000 orang, kalau di IKN saya perkirakan paling 2.000 orang," kata Budi Karya, Sabtu (8/6/2024).

Untuk akses transportasinya, Menhub mengatakan bisa dilakukan dengan penerbangan ke Bandara VVIP IKN dan juga dibantu Bandara Balikpapan. Untuk infrastruktur dasar di sana sudah siap bila menerima kunjungan 2.000 orang tersebut.

"Jadi kalau di Balikpapan itu jumlah orang yang take off, landing, ke sana itu sudah belasan ribu. Jadi kalau mau 2.000 atau 6.000 sebenarnya bukan isu. Dan hotel selain di Balikpapan ada juga yang di IKN ada satu yang juga selesai. Tapi ini bisa dilaksanakan. Kalau mengenai bandara enggak ada masalah," jelas dia.

Bandara VVIP di IKN yang kini sedang dibangun juga bisa menjadi akses masuk. Budi bilang pembangunannya sudah rampung 50 persen.

Tahap pembangunan Bandara VVIP IKN ini ada dua tahap di mana tahap pertama ditargetkan pada 1 Agustus 2025 nanti landasan pacu (runway) di sana sudah terbangun 2.400 meter, dan pada Desember 2024 menjadi 3.000 meter.

Bandara VVIP IKN nanti akan digunakan untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan wakilnya, para menteri dan eselon I hingga tamu undangan saat HUT RI. 

"Supaya semua pesawat narrow body termasuk pesawatnya Pak Presiden. Itu bisa take off, landing, ke sana. Baru Desember full, (pesawat) 777 bisa mendarat ke sana," kata Menhub.
(ims)


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *